Sedikit tentang Standard Operating Procedure (SOP) Guru


Terhitung mulai 1 Mei 2010, Kanwil Kementerian Agama  secara resmi menerapkan standar operasional prosedur (SOP). Nah, implikasi dari kebijakan tersebut, seluruh pegawai di semua tingkatan -termasuk pegawai paling bawah/staf biasa- wajib memiliki SOP, sehingga semua pekerjaan di semua lini dapat terlaksana dan terukur dengan jelas dan pasti.

Kesibukan di akhir tahun ini memang barkaitan dengan program tahun ajaran baru 2010-2011. Secara prosedur, SOP memang harus dibuat dan harus sudah ada sebelum program itu dijalankan.

Guru sebagai komponen terpenting pendidikan diharapkan membuat SOP yang dapat mendorong dan menggerakkan dirinya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. SOP bagi guru mata pelajaran merupakan suatu standar atau pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan kinerja guru untuk mencapai tujuan pembelajaran mata pelajaran tertentu. SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses pembelajaran mata pelajaran tertentu.

SOP bertujuan agar (1) terjaga konsistensi dan tingkat kinerja guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai guru maupun tugas tambahan (wali kelas, laboran, kepala unit perpustakaan, pembina kegiatan siswa, dll), (2) mengetahui dengan jelas peran dan fungsinya dalam dalam unit kerja (madrasah), (3) memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab guru mata pelajaran terkait, (4) menjaga agar tidak terjadi kesalahan baik secara administrasi maupun dalam pelaksanaan pembelajaran, (5) untuk menghindari kegagalan, kesalahan dan inefisiensi.
Standar Operasi bagi guru berfungsi untuk: (1) memperlancar tugas petugas pokok (guru) dan tugas tambahan lainnya, (2) sebagai dasar/acuan bila terjadi penyimpangan, (3) untuk mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak, (4) mengarahkan guru untuk sama-sama disiplin dalam bekerja, (5) sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin. Sebagai sebuah pedoman, SOP digunakan untuk menilai apakah pekerjaan . Standar berfokus pada inti dan tugas penting yang harus ditunjukkan pada situasi aktual dan sesuai dengan kondisi lokal. Standar dapat digunakan untuk menilai aspek praktis baik tersebut sudah dilakukan dengan baik atau tidak. Guru harus melakukan analisis dan uji coba sebelum suatu SOP dijalankan, sehingga dapat dilakukan revisi jika ada perubahan langkah kerja yang dapat mempengaruhi proses kerja selanjutnyapada keadaan dasar maupun post-basic pelatihan dan pendidikan. Sehingga SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi guru, menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan pembelajaran dapat berjalan secara konsisten. Dengan SOP, guru akan lebih percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap langkah pekerjaannya dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja guru.

Seorang guru paling  tidak membuat 5 prosedur standar operasi, yaitu: 1. SOP perencanaan pembelajaran 2. SOP pelaksanakan pembelajaran 3. SOP evaluasi hasil pembelajaran 4. SOP analisis hasil evaluasi pembelajaran 5. SOP tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran

Karena ada permintaan dari beberapa teman guru tentang contoh SOP melalui e-mail, berikut Anda bisa mengunduh langsung contoh:

SOP Guru Mapel,

SOP Wali Kelas,

SOP Pembina Kegiatan Siswa,

SOP Ka TU,

SOP Kepala Madrasah/Sekolah,

SOP Labkom.

About zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

40 Responses to Sedikit tentang Standard Operating Procedure (SOP) Guru

  1. Arif says:

    assalamu’alaikum
    Salam kenal Pak Zaenal, Saya lagi bingung nih cara pengisian SOP, bapak ada contoh yg SOP utk guru yg sudah terisi, saya hanya ingin lihat formatnya. Ditempat aku kerja penjelasannya kurang jelas, minta penjelasan malah bingung. Akhirnya cari di internet, alhamdulilah masuk ke blog panjenengan.
    KAlo bisa kirim via email saya.
    Sebelumnya terima kasih
    Wassalam.

    • zaenalkhayat says:

      waalaikumsalam, insyaallah saya kirim contohnya, tapi masih sederhana, silakan panjenengan edit lagi.

      • anhye says:

        LIAT contohx juga donk pak

  2. raja baharuddin says:

    assalamu’alaikum
    Salam kenal Pak Zaenal, Saya lagi bingung nih cara pengisian SOP, bapak ada contoh yg SOP utk guru yg sudah terisi, kalau bisa yg sudah jadi p’zaenal masuk di blogsot ini atau lewat email sy.
    Sebelumnya terima kasih
    Wassalam.

    • zaenalkhayat says:

      Salam kenal juga. Insya allah saya kirimkan contoh sop guru. silakan disempurnakan lagi.

  3. min kragan says:

    Assalamu’alaikum

    Boleh lihat contohnya juga dong. Makasih

    wassalam

  4. Poeja says:

    Assalamu’alaikum
    Pak, saya kurang mengerti cara pengisian SOP, tolong kirim dong Pak, contoh SOP utk kepsek dan guru yg sudah terisi. Kirim lewat email saya ya, Pak.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalam.

    • zaenalkhayat says:

      @min kragan & pak poeja: sudah saya e-mail.

  5. HENDRA AGUS says:

    Assalamu’alaikum
    Pak…boleh minta contohnya gak…! masih bingung ne cara buatnya…
    kirim lewat email aja ya pak
    terima kasih sebelumnya
    wassalam

    balas

    • BUDI says:

      Assalamu’alakum

      Pak…mohon share SOP nya ya he…he
      terima kasih sebelumnya
      wassalam

    • zaenalkhayat says:

      @pak hendra& pak budi, untuk sesama guru ok aj.

  6. DIYAH says:

    Aww. mohon info & ptjuk SOP u.guru TK & PG? bisa diemailkan pak? nwn. was

    • zaenalkhayat says:

      wah kalau sop guru tk ga punya tu, tp mungkin bisa untuk perbandingan aja.

  7. harusnya memang sekolah berbasis islam semakin maju. animo rendahnya kapasitas guru madrasah harus kita hapus. mari kita mulai dari diri kita sendiri… gitcu khan pak ????

  8. sari says:

    pak, saya izin copas artikelnya ini, kebetulan saya sedang mencari artikel ttg sop guru, terima kasih banyak

  9. muhammad Bahauddin says:

    assalam. salam kenal pak. saya udin pemilik bimbingan belajar di jayapura. saya lagi butuh contoh SOP penerimaan guru buat standarisasi. sekiranya bisa membantu, terima kasih banyak. waasalam

  10. reganapoin says:

    Semoga saja SOP menjadi standar kerja yang akan semakin baik tidak jadi sop makanan yah, yang apabila dimakan akan habis, tak terkecuali. Gejala yang ditemukan hanya bau dan anyir saja. dari sisa-sisa sop tea. Saya sebagai rakyat biasa hanya bisa berharap, semoga seluruh tenaga kependidikan selalu berupaya meningkatkan kemampuan serta meningkatkan kinerja sebagai bukti pertanggung jawaban sosial dan spiritual. Aduh panjang teuing moal ieuh….

  11. risa says:

    Assalamu’alaikum
    Ustad saya minta juga ya contoh SOP supaya saya bisa memperbaiki kinerja saya sebagai guru, ditunggu di email ya ustad, syukron

  12. YAHYA AM, S.PdI. says:

    assalamu’alaikum
    Salam kenal Pak Zaenal, Saya lagi mendapat tugas untuk menyusun SOP, bapak ada contoh SOP utk ketenagaan / guru yg sudah terisi, ingin membuat SOP dengan hasil yang benar dan bagus, Akhirnya cari di internet, alhamdulilah masuk ke blog panjenengan.
    Kalau berkenan kirim via email saya.
    Sebelumnya terima kasih
    Wassalam.

    YAHYA AM, S.PdI.

    • zaenalkhayat says:

      @mba risa, sop guru yang ada sop guru mapel dan sop wali kelas, bisa download langsung.
      @pak yahya, sdh ada sop Ka.TU, mungkin bisa jadi bahan perbandingan.

  13. YAHYA AM, S.PdI. says:

    assalamu’alaikum
    Pak Zaenal, Saya lagi mendapat tugas untuk menyusun SOP, bapak ada contoh SOP utk ketenagaan / guru yg sudah terisi, ingin membuat SOP dengan hasil yang benar dan bagus, Akhirnya cari di internet, alhamdulilah masuk ke blog panjenengan.
    Kalau berkenan kirim via email saya.
    Sebelumnya terima kasih
    Wassalam.

    YAHYA AM, S.PdI.

  14. BRAJA says:

    Trima kasih informasinya Pak.
    Salam kenal !

  15. yosi says:

    thankz for your information….

  16. cak ain says:

    assalamu’alaikum wr..wb…
    salam kenal pak zaenal, saya senang sekali bisa ketemu blog njenengan, kebetulan saya dimintai tolong untuk mengembangkan sebuah panti asuhan menjadi sebuah “pesantren mandiri”. saya sudah mulai menyusun visi-misi dan beberapa program untuk memulai kegiatan anak panti agar lebih bernuansa pesantren. tapi saya masih kebingungan menyusun SOPnya. bingung mulai dari mana dan formatnya seperti apa.
    Saya akan segera mempelajari file2 yg saya download dari blog njenengan ini, namun jika pak zaenal berkenan mohon kiranya saya dibantu menyusunkan SOPnya…
    saya benar2 berharap pesantren ini bisa terwujud dan membuka peluang “jariyah” yang lebih luas bagi umat yg peduli yatim&dhu’afa’
    terima kasih banyak sebelumnya pak…

  17. inayah says:

    Assalamu’alaikum
    Pak, saya kurang mengerti cara pengisian SOP, tolong kirim dong Pak, contoh SOP utk kepsek dan guru yg sudah terisi. Kirim lewat email saya ya, Pak.
    Terima kasih sebelumn

  18. felicia pukiat says:

    salam eknal,pak…
    pak, mohon ijin, tolong kirimin SOP guru ya,pak…
    makasi ya,pak..ke email saya

    • zaenalkhayat says:

      salam kenal kembali. insya allah saat balasan ini ditulis, email sudah terkirim

  19. Saiful says:

    Assalamu’alaikum, terimakasih pak atas contoh SOP, kalau bisa di kirim SOP kepala sekolah dan guru ke email saya, sekali lagi terimaksih, salam kenal pak

  20. zainal arifin says:

    salam kenal mas zainal, kebetulan nama kita sama, bisa di email contoh SOP dan RKT ke email: minberembang@yahoo.co.id, sebelumny atrim’s

  21. bayu says:

    assalamu’alaikum
    Salam kenal Pak Zaenal, Saya lagi bingung nih cara pengisian SOP, bapak ada contoh yg SOP utk guru yg sudah terisi, saya hanya ingin lihat formatnya. Ditempat aku kerja penjelasannya kurang jelas, minta penjelasan malah bingung. alhamdulilah masuk ke blog panjenengan.Dan saya juga dititipi tugas sama teman saya yang lain yang ( intinya pak zaenal , saya mohon dikirimi semua contoh SOP seperti SOP Guru Mapel,SOP Wali Kelas,SOP Pembina Kegiatan Siswa,SOP Ka TU,SOP Kepala Madrasah/Sekolah,SOP Labkom.
    KAlo bisa kirim via email saya di animenaruto3@gmail.com
    Terima kasih Pak Zaenal
    Wassalam.

  22. abbas says:

    assalamu alikum , salam kenal nah ini dia yang aku cari-cari, kalau dipelatihan tidak jelas mas, malah bikin puyeng,,,,,,,,, tolong mas kirimkan panduan dan sop ( guru, ka TU, kepsek, dstnya) kebanyakan yaach .! ke email saya basmi79@yahoo.com. mudah2an Tuhan membalanya dengan beribu-ribu kebaikan dan rejeki amiiiin

  23. Dian says:

    pak Zaenal.. kalo boleh saya minta tolong diberikan contoh SOP untuk guru. Saya mengajar di SMA. Tolong dikirim ke imel saya naryama_ss2@yahoo.com. Terima Kasih..

  24. syafii says:

    mas terima kasih informasinya anda memang anfauhum linnas

  25. Slm Kenal Pak Zaenal,,tLong dikirmkn jg cntoh SOP donk……………trimz

  26. I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was wondering what all is needed to get set up? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I’m not very web smart so I’m not 100% positive. Any recommendations or advice would be greatly appreciated. Thanks

  27. ahmad yani says:

    Assalamualaikum Wr. Wb. Izin Copy , dan saya jadikan contoh untuk digunakan untuk SOP Panti asuhan Fajar Dua Klungkung-bali, Syukron

  28. Abd. Rahman says:

    Alhamdulillah

  29. akgmad fatoni says:

    assalamualaikum, alhamdulilah saya bisa menemukan situs ini karena isinya sangat baik untuk meningkatkan kualitas saya dibidang pendidikan. oh ya saya minta tolong boleh ga saya minta SOP mata pelajaran yang sudah ada isinya serta SOP bimbingan belajar, kebetulan saya mau buka bimbingan belajar. mohon dikirim ke email saya? semoga Allah memberikan kelancaran kepada anda. aamiin…….

  30. Mokhamad Taufiq Hidayatullah says:

    Aslm thanks Pa informasinya bgus sekali oh ya Pa sya sedang menyusun sop untuk guru madrasah yang sedang saya rintis, boleh saya minta tolong contoh sop nya (kalau ada) ? mhon dikirim dikirim ke email saya? semoga Allah memberikan kelancaran kepada anda. aamiin…….

  31. Mokhamad Taufiq Hidayatullah says:

    aslm,,pa tlong sy prlu contoh SOP untuk guru madrsah,,mhon dkrim lwt email,,mksh

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 655 other followers

