Apa Kabar Guru TIK MTs/SMP di Tahun 2013?


Topik ini menjadi hangat ketika pemerintah berencana mengubah struktur kurikulum yang sekarang sedang berjalan. Saat ini TIK masih menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri, tapi pada rancangan Kurikulum 2013, TIK tidak lagi masuk dalam struktur kurikulum di MTs/SMP.

12 mata pelajaran (KTSP) yang saat ini diajarkan pada tingkat SMP/MTs  akan berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya. Jadi pada Kurikulum 2013 Mapel TIK, Muatan lokal dan Pengembangan diri dihapus, kemudian ditambah mapel baru Prakarya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran. “Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik,” kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012). “Tidak ada pelajaran komputer (TIK) sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain,” jelas Nuh.

Dengan adanya pengurangan mata pelajaran pada kurikulum baru, tiga mata pelajaran ini diintegrasikan dengan mata pelajaran yang ada. “Muatan lokal itu masuk ke Seni Budaya, Penjaskes, dan Prakarya .  TIK tidak akan berdiri sendiri, tapi jadi media untuk semua mata pelajaran,” kata Nuh.

Mencermati penjelasan Mendiknas di atas, maka peran TIK menjadi sangat strategis dan dominan dalam proses pembelajaran, karena TIK menjadi media semua mata pelajaran. Pertanyaan kita adalah apa, dimana dan bagaimana peran guru TIK selanjutnya dalam pengintegrasian mapel tersebut? Bahkan beberapa teman guru bertanya, bagaimana nasib guru TIK nanti, apalagi yang sudah sertifikasi? Mau diberdayakan di mana? Bagimana rasionalisasinya, sehingga guru TIK tidak dirugikan? Ini yang menjadi tanda tanya besar, karena memang belum ada penjelasan dari pemerintah/mendikbud mengenai peran/kedudukan guru TIK pada Kurikulum 2013.

Dari berbagai pertanyaan itulah, kemudian muncul berbagai spekulasi, katanya guru TIK akan dipindah ke SMA/SMK. Ada lagi yang mengatakan, nanti guru TIK akan diberdayakan sebagai konsultan IT di madrasah/sekolah (jadi berperan seperti guru BK/BP), terutama konsultan bagi guru-guru mapel lain yang menemukan kendala dalam proses pembelajaran berbasis IT. Bahkan ada yang bersepekulasi, nanti guru TIK akan diperbantukan di TU. Wah…ada-ada saja ya? :) 

Berkaitan dengan hal itu, saya berharap, pemerintah dalam hal ini Mendikbud segera mensosialisasikan dan memberi kejelasan mengenai peran, kedudukan, dan eksistensi  guru TIK SMP/MTs pada kurikulum yang akan diberlakukan Juni 2013 nanti, sehingga guru TIK dapat bersiap untuk menata diri pada peran yang baru nanti. Salam kompak buat guru-guru TIK[]***

Oh ya, buat teman-teman guru TIK yang punya usul tentang Kurikulum 2013, khususnya berkaitan dengan Mapel TIK, dapat berdiskusi lebih lanjut di http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id

About these ads

About Zaenal Khayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

78 Responses to Apa Kabar Guru TIK MTs/SMP di Tahun 2013?

  1. Dirgita says:

    Iyap, ikutan bingung. Gimana, dong, nasib temen-temen Gigit yang kuliahnya di jurusan TIK? Semoga aja ada jalan keluar yang lebih baik. Ga sabar juga nungguin uji publiknya bulan depan (katanya, sih, gitu)^^

  2. mas joko says:

    bingung juga bos… aku dah sertifikasi tik bukan pns, trus gmn? …bingun,

    • zaenalkhayat says:

      @Dirgita & mas joko, wait and see saja… saya optimis, konseksuensi dari kebijakan itu pasti akan/sudah dipikirkan solusinya shgga tidak merugikan guru. Smoga. Salam kompak Guru TIK :)

      • Kalempau Lampaa says:

        ajar aja menterinya

  3. ferry says:

    tidak fair mentri pendidikannya tuh… masak tik di smp dihapus… anak-anak kan masih butuh pengenalan dari guru-guru tik , kalau tik dismp dihapus terus guru tik jadi konsultan IT, nggak enak dong.. semua bidang study guru tik yang layani guru mata pelajaran lain untuk membuat perangkat ajar mereka..aku tidak setuju.. berat benar tugas guru tik smp… tolong Bapak mentri M.Nuh… fikirkan lagi kebijaksanaan itu…, jangan berfikir sepihak….

    • Kalempau Lampaa says:

      sekalian guru mapel yg lain dan menterinya diajar

    • aden says:

      Bener tuch…emanknya kita guru tik babunya guru mapel lain?…..dasar mentrinya geblek ini….

      • Admin says:

        Walaupun geblek, tapi kan bisa jadi mentri

  4. Rahmad says:

    betul, sekarang sj masih gaptek dengan perkembangan TIK kok mlah dihapus, sy setuju jd konsultan untuk semua guru-guru biar paham IT

    • Kalempau Lampaa says:

      nanti keluar dana proyeknya

  5. surel says:

    sekolah sebagai kelinci percobaan dan kambing hitam dari kebobrokan bangsa ini,

  6. mamas says:

    Ya… yang sabar saja teman-teman. Kita Lihat saja. Wong ada guru TIK saja sekolah kedodoran apa lagi tidak ada guru TIK, wah..wah.. kembali ke jaman belum ada komputer… Pak mentri tolong kami yang di desa (pelosok) dilihat dengan jelas. Soal IT saja artinya kami banyak yang tidak tahu. apa lagi fungsinya. Lab Multimedia/Bahasa dan sejenisnya di desa hanya guru TIK yang menggunakan. maaf tidak mengurangi rasa hormat Bapak/Ibu Guru Mapel lain. yah… karena banyak diantara kami gapte… Smoga menjadi pemikiran kita bersama !!!

  7. Mr. Panjul says:

    Kawan-kawan…… kalau kita tidak kebagian Jam mengajar ( alias) TIK bukan mapel lagi dan katanya dilebur atau dikombinasikan atau apa namanya sebagai media… Ya kita mengajar Bapak/Ibu guru sebelum Beliau-beliau mengajar siswa. Jadi kita siswanya Guru-guru… khan asyik tuh !! SETUJUUUUUUUUUUUUUUU

  8. miss syafriyana ritonga says:

    itu kan hanya perkataan atau bisa juga dikatakan perencanaan, yah pemerintah harus lebih bijaksana lagi lah dalam mengambil keputusan, krn tidak sedikit guru tik yang akan merasa rugi klw mapel tik ini di tiadakan.

  9. Basuki says:

    luar biasa rencana pak menteri kita … mau menghapus mapel TIK yang berguna bagi keterampilan anak didik dan kerja bukan malah dikembangkan eh mau dihilangkan .. renungkan kembali kebijakan itu .. semoga mash ada harapan buat temen2 pengajar tik mengembangkan dan membekali siswa dengan keterampilan komputer yang utuh amin.. salam persyahabatan guru TIK

    • Kalempau Lampaa says:

      maunya prakarya untuk membuat tempe sehingga mukanya muka tempe

      • Admin says:

        biar aja muka tempe, yang penting bukan mental tempe

  10. dika says:

    INTINYA PEMERINTAH KURANG DANA BUAT LAB. KOMPUTER… DIKORBANIN DEH PELAJARAN TIK…..

    • zaenalkhayat says:

      Maaf yg punya komen ini (dika), ada yg di del dikit biar yg baca enak…

  11. ciung says:

    kalau melihat perkataan pak menteri bahwa TIK akan menjadi media pembelajaran semua mata pelajaran, itu bisa berarti guru TIK akan diberdayakan sebagai partner guru mapel dalam mempersiapkan media pembelajaran berbasis TIK, ya semacam konsultan lah… Kalau seperti itu, siswa tetap dirugikan, sebab siswa kehilangan kesempatan untuk mendapat pengenalan teknologi informasi.

  12. adi - Semarang says:

    Pelajaran TIK = Tehnologi Informasi dan Komunikasi. TIK memang identik dengan komputer tapi itu salah, menurut aku. TIK= Lab komputer itu juga salah. Ingat K= Komunikasi. Jadi TIK = Menekankan Informasi dan Komunikasi sedangkan tehnologi adalah media, seperti halnya HP, smartphone dll. Kalau mengajar TIK = Bahasa Jawa yang menjelaskan unggah ungguh dalam berbicara dan berkomunikasi baik dengan manusia dan alat tehnologi. Apabila mapel TIK di hilangkan justru semua guru TIK harus mencari celas untuk mengoptimalkan kemampuan software dan hardware. Pengalaman saya : saja basic math, 10 th ngajar TIK sertifikasi Math. Peluang bisnis yang saya kembangkan membuat perusahaan yang membuat software atau media pembelajaran bagi guru lain yang nota benenya tidakbisa TIK, lumayan 1 bahan aja dan bahan uji = 500 ribu. enakkan hanya modal power point pasang tutup kasih animasi dan transisi…jadilah media. Karya sama di jula ke mana-mana ? Segera berkarya Guru TIK janganpesimis dan jangan menghujat… karena hasil survey saya : 75 % guru TIK ngajarnya disambi dan asal-asalan (maaf).

    • Firman says:

      salut buat pemikiran dan karya jenengan … cuma jangan merasa bahwa guru TIK hanya asal2an karena semua punya kelebihan dan kekurangan masing2 coba dipikir seandainya jenengan guru tik kemudian mapelnya mau dihapus ?

      • agus says:

        Setuju apa yang anda katakan, karena kalau mapel TIK di tiadakan bukan hanya berdampak pada siswa juga berdampak pada guru itu sendiri, juga berdampak pada pekerjaan profesi seorang guru TIK. Cob pikirkan berapa ribu bahkan juta guru TIK yang akan dikorbankan dengan kurikulum 2013 tersebut. Menurut hemat saya sebaiknya pemerintah khususnya kepada pemangku kebijakan berfikir secara kompleks sebelum diputuskan, karena ini menyangkut hajat orang banyak. Mari temen2 guru TIK kita pertahankan mapel TIK, baik melalui media cetak, elektronik, maupun yang lainnya supaya suara kita bisa didengar dan diperhatikan.

      • arif says:

        ya itu betul p firman kalau di sekolah yang punya banyak fasilitas / anak yng sudah punya fasilitas, coba bapak pikir lagi kalau itu sekolah yng hanya punya lab komp yg hanya sedikit/ anak2 yg tidak punya fasilitas utuk itu ini sering kita temui di plosok-plosok dan sekolah swasta di daerah-daerah pinggiran. trimakasih

    • Joko s says:

      apa ini maksudnya?? ingat : teknologi = penggunaan alat bantu!! bukan sekedar membahas informasinya atau komunikasinya, melainkan alat bantunya juga. kenapa menggunakan komputer?? komputer jangan dibayangkan hanya sekedar PC lho!! saya pengalaman sebagai guru TIK, kebetulan sekolah kami menjadi sekolah pelaksana SKM-PSB-PBKL. PSB = Pusat Sumber Belajar, saya menyiapkan perangkat jaringan sampai keseluruh ruangan (ada 7 Local Network) kecuali WC/KM (pake hostpot bisa he he he) , jaringannya gak sembarangan sekelas perusahaan komunikasi besar (ISP-ISP aja sampai kagum), server pusat sumberbelajar, seluruh aplikasinya sampai pelatihan bapak-ibu guru semua gak ada yang gaptek, semua menggunakan multimedia, bahan ajar semua dari server untuk pembelajaran dikelas maupun online dimana saja diluar sekolah!! eh sekarang Mapel saya di hapus!! nasib….mungkin besok jagi wakil kepala IT kale atau jadi guru BTI….bimbingan teknologi informasi!! akakakakak

      • arif says:

        ya mungkin sekolah bapak dulu udah sbi tapi gamana sekolah swasta yang ada di pedesaan

    • Kalempau Lampaa says:

      jalan keluarnya harus ada kurikulum nasional dan kurikulum daerah (mapel TIK)

  13. uswatun hasanah says:

    kalo 12 mata pelajaran media pembelajaranya tik , apa sudah pasti guru tersebut menguasai komputer?

  14. guru setia tik says:

    wah,wah,wah, pak m.nuh yg bijaksana, fikirkan yg sematang-matangnya sebelum mengambil keputusan. klw tik dihapuskan, GAPTEK lah semuanya, sedangkan guru mapel lain BUUAANNYAK bgt yg gak bisa komputer/menogperasikan laptop, GMN Tuh…????? apalagi siswanya buuannyak yang tidak tau Teknologi, Informasi dan Komunikasi secara online,,,,, kita sih Sarjana Komputer, mau kemana aja bisa. tp saya tidak setuju bgt klw mapel tik di hapuskan, walaupun itu kurikulum baru atau mapel beridiri sendiri, semangat guru tik,……..merdeka….!!!!!

  15. kangno says:

    Saya setuju jadi konsultan TIK bagi guru dan siswa, perhitungan jumlah jam mengajarnya disesuaikan seperti guru BK.

  16. Firman says:

    salam buat guru TIK, semoga apa yang direncanakan pemerintah bukan menjadi akhir dari karir kita sebagai guru TIK, tetapi mash bisa atau diperbolehkan menjadi mulok di sekolah masing2 … amin

    • Kalempau Lampaa says:

      setuju bro dijadikan mulok masing2 sekolah menggantikan bhs inggris

      • Suparman says:

        Bapak ibu guru pengampu Mapel TIK, gak usah bingung, tentu tiap wilayah atau daerah pasti punya kebijaksanaan.Kurikulum 2013 kan masih minimal, bisa dikembangkan. Untuk itu mari kita usulkan mapel TIK menjadi mulok sekolah menjadi Mapel Ketrampilan Komputer, kembali ke era 2005. Suparman, Pengajar TIK SMP 2 Susukan Kabupaten Semarang

  17. Didengar sangat mudah untuk merombak/mengganti sebuah sistem termasuk sebuah sistem kurikulum.
    Seperti KTSP yang NB-nya dikembangkan dengan potensi serta kondisi satuan pendidikan ditiap daerah.
    Tetapi ternyata standard BSNP untuk menilai hasil akhir yang berupa UN dirasa kurang cocok dengan konsep KTSP itu sendiri karena tidak ada media uji pembeda antara sekolah berstatus terdaftar dengan SSN dan RSBI, soal UN standartnya sama. Apakah ini adil? Status satuan pendidikan yg masih terdaftar seperti sekolah swasta terlantar dan kurang prasarana serta parah lagi yang terdapat dipelosok negeri yang mana bukan hanya banyak yang belum kenal teknologi komputer dan IT, listrikpun tidak menjangkau kesana.
    Guru-guru masih banyak yang belum bisa lancar mengoperasikan komputer, e-mail pun banyak yang belum punya, lebih parah lagi masih banyak guru sertifikasi yang terjangkit TBC (Tidak Bisa Computer) .
    Sekarang mau diterapkan lagi kurikulum 2013 Tematik berbasis ICT, guru-guru TIK SMP dikemanakan juga masih belum jelas.
    Sebuah kebijakan yang cerdas dan bijak adalah dengan tidak asal mengganti atau merombak sebuah sistem, tetapi menganalisa kelemahan dan kegagalannya untuk diperbaiki.
    Apakah memang kita ini sudah benar-benar layak dan mampu menerapkan kurikulum tersebut sekarang?
    Akan lebih majukah kualitas Pendidikan Indonesia beberapa tahun kedepan dengan penerapan kurikulum ini? Atau hanya membuat kisruh serta memperburuk sistem pendidikan di negara kita tercinta ini?
    Untuk segenap stake holder yang menjadi korban dengan diberlakukannya kurikulum ini mohon bersabar saja. Ulah dan langkah manusia tidak seberapa, kan umur manusia didunia juga sebentar.
    Serahkan saja semua pada Tuhan YME, jangan dirisaukan. Semoga kita diberi jalan keluar yang terbaik.

  18. Fauzin says:

    Para gru TIK jangan khawatir, pemerintah pasti dah mikirkan nasib guru TIK. Apapun tugasnya nanti yg jelas gak jauh2 dri keahlian gru TIK. Klo gru tik ga’ mampu jd konsultan TIK, perlu dipertnykan ijazh dan sertifikasinya. Gru TIK bs jd nanti jd kepala LAB. yg punya tanggungan mengampu siswa n gru. Sy mlh sepakat TIK integratif, supaya tik tdk kehilangan nilai dan karakter, tetapi lbh pd proses dayaguna tik untk pendidikan. Sekali lg bg guru tik yg sabar, yg blum jelas memang sringnya jd syak wasangka. Pak mentri lanjutkan kebijakanya, KTSP bnyk kekranganya dan kering nilai

  19. Zakarias Nokong, S. Kom says:

    Bagaimana dengan nasib kami guru TIK yang sadah lama menjadi guru honorer>
    bingung jadinya.
    Nasib……nasib….

  20. ludi says:

    di sekolah saya ada 2 lab komputer, semua yang pakai guru tik (karna gurunya cuma ada 2), jika tik di hapuskan, alamat 2 lab komputer yang ada bakal lumutan, karna guru yang ada (selain guru tik) jarang yang mau pake lab tik (apalagi guru2 senior dan menjelang pensiun, mrk kurang berminat untuk mempelajari tik), pake lcd aja jarang padahal sarana sudah mendukung, jika tik di hapuskan, alamat siswa bakal gaptek. tolong pertimbangkan kembali pak menteri yang terhormat, siswa butuh ilmu dan guru tik butuh jam mengajar

  21. andra says:

    sungguh kebijakan itu tidaklah mendasar…karena TIK tidak hanya sekedar menjelaskan fungsi alatkomputer tetapi bagaimana membimbing anak supaya bisa mengoperasikan dan berkreasi dengan media komputer. klo yang diintegrasikan apa mungkin setiap guru mapel mengajar dan membimbing pembelajaran TIK atau teknologi. padahal tidak semua guru bisa mengoperasikan komputer apalagi yang berada di pelosok desa. mohon dipertimbangkan. terima kasih…………

  22. EEEE says:

    KEPUTUSAN M. NUH SAYA SENDIRI KURANG SETUJU KARENA GURU TIK ITU ADALAH MASA DEPAN BANGSA LIHAT INDIA SAMA RUSIA SEKOLAH SD SUDAH DI AJARKAN TENTANG TIK DISINI MASAK SMA DI AJARKAN TIK MENURUT SAYA KALAU KELAS SMA / SMK SUDAH PADA BAHASA PROGRAM BUKAN LAGI TIK

  23. masih banyak yg gaptek (maaf) disini mah Pa Nuh. kenapa ko bisa ada rencana untuk dihapuskan?? kalo guru TIK ngasih materi hanya ke guru” mapel lain, apa mungkin nantinya guru” mapel lain (selain TIK) itu ngasih materi TIK juga…??
    bagaimana dengan fasilitas dan media pembelajarannya??
    Mohon dipertimbangkan lagi Pa Nuh….

  24. Agus Effendi says:

    Saya rasa belum waktunya MP TIK dihilangkan dari sekolah sebab negara maju pun masih mengajarkan TIK, masa negara kita melek juga belum udah mau ninggalin negara-negara maju. Guru lain yang diangkat taun 90 waktu itu komputer masih barang mewah jadi mereka kalau ada kesulitan bertanya pasti ke guru tik, demikian juga siswa dan sekolah. Hidup TIK.

  25. dhyan says:

    pak mentri nuh, sy ini cm guru tik honor yg mngandalkan jam mngajar. kalo jam saya disamakan dgn jam guru bp/bk yg dbwh 500rb d tmpt sy mngajar mw mkn apa sy dan keluarga sy pak?
    tolong dipikirkan lagi ide gila anda pak, bnyak guru tik mnggantungkan hidup dr mapel ini.

  26. tarno says:

    sertifikasi saja belum cair mapelnya dah mau dihapus, tolong pak mentri jangan mengambil kebijakan sepihak pikirkan nasib guru TIK dan mapelmulok

  27. fadjardjack says:

    hebat, sedemikian galaunya guru tik, tapi memang bener sih kalau jadi dihapus mapelnya, trus mau makan apa ya…
    semoga wacana penghilangan mapel tik ini tidak jadi, kan masih draft to,
    tuk guru TIK honorer, yo cari makan dengan mengoptimalkan keahlian kita, masih banyak kan peluang bisnis berbasis TIK, dan hasilnya pun lebih ok dibandingkan honor ngajar

    • Kalempau Lampaa says:

      maunya meneteri jadikan guru mapel prakarya supaya terampil membuat tempe, akhirnya yang dimakan tempe

  28. kannan77 says:

    tetap optimis ..Horas Guru TIK ..

  29. aiueo says:

    binguuuuuuuuuuuung!!!!!!!!!

    • Kalempau Lampaa says:

      jangan bingung sebentar dana proyek kurikulum 2013 cair ratusan miliar

  30. jajang says:

    mungkin guru tik(yg masih gtt) diangkat pns

  31. wahib says:

    Guru tik diangkat jadi kepala sekolah ato madrasah semua, setuju sedulur …….

    • zaenalkhayat says:

      ya setuju. nek jenengan sih pantese jadi Kakan Kemenag di palu apa di grobogan…. :) Apa kabar Brebes pak Wahib… aman2 sj?

      @Buat temen2 guru TIK yang sudah kasih komen, terima kasih semoga diskusi ini bermanfaat. Kalau mencermati berbgai komentar di Uji Publik, sepertinya kemendikbud harus berpikir ulang untuk memberlakukan Kurikulum 2013. Belum berjalan sj sudah bermasalah…. Baca juga ini

  32. ahmad subhan says:

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran. “Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik,” kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012). “Tidak ada pelajaran komputer (TIK) sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain,” jelas Nuh……

    Menurut saya … statement ini tidak sesuai di lapangan. Saya adalah guru TIK di sebuah MTS swasta di desa. Saya sempat kebingungan jika mengajar karena sarana yang kurang memadai. memang ada 3 buah unit PC (yang agak udzur) … tapi mana mungkin saya bisa memaksimalkan KBM dengan perbandingan 3 PC dengan 30 siswa … apalagi kalau pas materi internet … MTS tidak ada saluran telepon kabel sehingga saya biasanya menggunakan modem untuk internet dengan sinyal yang tidak stabil sehingga banyak trouble nya …
    Dulu ketika di desa saya belum ada tower, untuk materi internet saya copy kan dari warnet, kemudian saya buka waktu KBM …

    Disamping itu … teman2 guru lain di tempat saya mengajar masih gaptek tentang teknologi ……. apakah sitem ini bisa berjalan …..

  33. setuju banget kalau guru TIK jadi konsultan di sekolah …

  34. asalkan ada tunjangan khusus yang mengatur konsultan TIK di sekolah …

  35. AKMAL says:

    Kebijakan Bapak Menteri tentang TIK tidak melihat akar permasalahan dalam memajukan dunia pendidikan.Bagaimana orang tau kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan, kalau dasar TIK tidak ada. lihat kebawah,daerah-daerah pelosok peserta didik belum tersentuh dengan komputer, kok langsung dijadikan sebagai media,guru MP lain saja ada hanya mengenal TIK, apalagi murid yang masih awam dunia komputer….? kebijakan yang membingungkan …? adakan survey … pasti semua orang mencemooh.

    • Kalempau Lampaa says:

      yang pernah men-survey anak mudah baru lulus hanya berpengalam teori

  36. Kalempau Lampaa says:

    ktsp tidak jadi diganti, yang akan diganti Muh. Nuh, setuju bro

  37. cyndy says:

    Anak didik yang belajar Pelajaran TIK dari SMP aja pas masuk SMA masih binggung dengan pengoperasian Komputer gimana kalau sampe Pelajaran TIK di SMP-Nya dihapus….inilah kalau Indonesia punya menteri yang Gaptek dia kira TIK itu cuma belajar Mengetik…Menjumlah…& Presentasi

  38. who says:

    Pak menteri bilang gitu karna dia dah pintar tentang TIK, tapi gimana dengan sekolah yang di pedalaman sana yang masih butuh GURU TIK…? makanya jangan asal buat keputusan Pak menteri, bijaksanalah…!

  39. ayiem says:

    pa menteri yg terhormat…klo benar2 MP TIK dihapus berarti anda pejabat negara pertama yang memiskinkan para guru TIK…seperti halnya saya yang lulusan ilmu komputer…jadi mengajarnya hanya TIK…tidaklah mungkin sarjana komputer mengajar PAI…perlu diingat itu pak menteri yg terhormat…walaupun msh banyak pekerjaan lain pi jaman skrng susah mencari pekerjaan…jadi janganlah menambah pengangguran di negeri tercinta ini pak menteri…

  40. yang menjadi korban says:

    tik sebaiknya jangan dihapus, tapi malah kita tambah jamnya dari 2 menjadi 4 jam per mgg walapun tik tetap diintegrasikan dalam mata pelajaran lain, kalau memang ingin pembelajaran berbasis tik. bagaimana menggunakan tik sebagai sarana kegiatan pembelajaran kalau menggunakannya tidak tahu? nah untuk tahu itu tentu belajar tik yg mesti punya guru tersendiri bagi siswa, tidak cocok belajar dengan guru mata pelajaran lain pasti tidak menyambung materi pelajaran tsb. membingungkan. masih banyak materi tik yg mesti dipelajari secara tersendiri bagi siswa. kalau pemikiran nuh menghilangkan tik berarti nganggap siswa dan guru sudah pandai sendiri. belajar sendiri kali. tik punya ilmu sendiri.

  41. kenapa?
    Mungkin itu adalah kata yang terucap dari guru2 khususnya guru TIK.
    Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah hanya berdasarkan atas isu yang berkembang pada waktu tertentu.TIK muncul karena perkembangan teknologi yang dominan dalam kegiatan sehari2. sedangkan pada saat itu guru yang khusus utk pelajaran TIK belum ada, Konsekwensinya adalah guru yang mampu dalam komputer dilibatkan dalam pelajaran TIK yang artinya sudah berkorban untuk memenuhi kebijakan pemerintah.
    sekarang harus TIK di integratekan dengan pelajaran lain artinya guru TIK harus membuat media untuk semua mata pelajaran. kemudian setelah lengkap media untuk semua mata pelajaran guru TIK dimusnahkan.
    Yang jadi pemikiran apakh kita selaku guru TIK harus membuat isu baru agar pemerintah berpikir atas pengorbanan guru TIK.

  42. M.nuh says:

    2012-2013 INDONESIA Mencapai Dunia baru. DUNIA GABTEK…
    Karna Menteri Nya GABTEK….!!
    DUNIA KORUPSI INDONESIA PALING DI DEPAN SEBENTAR LAGI GABTEK NYUSUL….!!
    Selamat buat M.Nuh Yg telah Memajukan INDONESIA GABTEK…

    • dikydiky says:

      SETUJU…..

  43. Azhar says:

    jadi tambah bingung mau ambil apa ni…..
    sudah kebayang di jurusan S.Kom. tp kalau gini harus putar otak lebih ni …
    ayo dong ada kejelasan …. sebelum tambah bingung semua calon jurusan S.Kom niii …

  44. kalau memang gitu…AYO KAWAN2 GURU TIK seINDONESIA…. Hancurkan ketidakbenaran, Ayo Rusak sekalian tatanan kemendiknas ini…serang lewat dunia maya… DASAR yg dipikir PROYEK dan PROYEK saja…..itu menteri nya. JGN KAGET KALAU SELURUH DATA KEMENDIKNAS, PTK, NUPTK dellellleelll hancur dalam waktu dekat.

    • dikydiky says:

      SETUJU………..

  45. Pujo Cahyono says:

    Kalau ada yang berubah dalam kehidupan ini, dari mana kita mau berubah?, siapa yang merubah?, siapa yang berubah? apanya yang berubah?. Mungkin kita semua galau dengan kebijakan yang baru. Akan tetapi coba kita lihat ke depan tentang perkembangan teknologi masa depan silakan kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2013_02_01_archive.html

  46. dikydiky says:

    cen mentrine edan….ga mau lihat anak indonesia kreatif dengan TIK….MAUNYA MENTRI PENDIDIKAN INDONESIA ANAK INDONESIA GAPTEK…SEHINGGA TIK DAN INTERNET DIMANFAATKAN UNTUK PORNOGRAFI YANG GA USAH PAKAI KREATIFITAS DAN PENGAJARAN DI SEKOLAH ANAK2 BISA SENDIRI!!!!!!!!

  47. Marhadi.Net says:

    Menurut pendapat ane, penghilangan TIK dari Struktur Kurikulum 2013 alasannya adalah sebagai berikut :

    1. Pemerintah tidak mampu menyediakan fasilitas TIK (Komputer) bagi semua siswa.
    2. Pemerintah takut siswa mahir komputer, jadi takut jadi para hacker.
    3. Dengan penghapusan mapel TIK, secara otomatis guru yang bersangkutan (Honorer, krn 90% guru TIK adalah Honorer) akan berhenti. Ini artinya mengurangi beban pemerintah akan tuntutan para honorer menjadi PNS. (Penghilangan Honorer secara Terstruktur)
    4. Pemerintah menggiring siswa untuk hanya mahir sosial media (facebook, twiter, dll) sementara penguasaan informasi di Internet diabaikan. (Kavitalisme Barat, motif ekonomi)

  48. gu2n says:

    Negara lain mengkedepankan TEKNOLOGI INFORMASI eh…….Indonesia malah menghapus pelajaran Teknologi Informasi.. . .

  49. GUntur says:

    Menurut ane, kallau mapel TIK dimasukkan pada kelompok mulok, guru TIK yang gelarnya selain S.KOM,lebih diuntungkan, apalagi yang sudah bersetifikasi. Yang perlu dicermati adalah aturan intergasi mapel TIK ke pelajaran lain, semoga tidak merugikan/menjadi beban guru TIK

  50. idom says:

    seklumit.
    setiap pemerintahan berubah peraturan dan kebijakanx juga berubah. begitulah indonesia. stlh di telaah smua kbjakan dan perubahan pemerintah mengacu pd satu hal “PROYEK”. dg bnyakx proyek mk pundi2 masukan juga bxk.
    M.NUH >tdk layak dan tdk pantas jd mentri. sisi negatif penghapusan tik trll bxk jd q gak bs ngebahasx. mmang guru tik bs beralih ke profesi lain tp inget jd GURU adlh pilihan klo brlh profesi hrs memulai dr awal lg. PEMERINTAH SKR MEMANG TDK BERES, SLHNYA SIAPA SBY D PILIH JD PRESIDEN YG SLL JILAT LIDAH SNDIRI.
    Sekarang sdh jd PRESIDEN,KETUM & DEWAN KEHORMATAN. mana yg mau d prioritaskan..??

  51. dens says:

    yap, ikutan bingung. Gimana, dong, nasib temen-temen Gigit yang kuliahnya di jurusan TIK? Semoga aja ada jalan keluar yang lebih baik. Ga sabar juga nungguin uji publiknya bulan depan (katanya, sih, gitu)^^

  52. Deasy says:

    kami juga bingung sebagai guru TIK karena kemarin nama kami ada terdaftar sebagai calon peserta sergur 2013 tapi ternyata setelah saya buka kembali sudah tidak ada nama kami tercantum alias dihapus.inikan sangat merugikan……..!

  53. ana says:

    M. Nuh di pecat bae kudune….

    • amusdew says:

      itulah kalau menterinya ga’ punya pandangan jauh ke depan ,, padahal teknologi itu sangat penting ,,, kalau tidak salah ada hadist or penjelasan dalam alqur’an ,,, yg bunyinya ,,, “suara kalian akan dapat didengar oleh seluruh dunia” dan ini menunjukkan bahwa pentingnya akan teknologi ,,,,

  54. muthia says:

    sebulan berjalan kurikulum 2013 tanpa TIK rasanya kurang greget. Dapat diprediksi kedepannya anak-anak hanya piawai untuk urusan browsing/chatting mengingat sebagian besar siswa sudah punya akun ke jejaring sosial, tetapi janganlah dijadikan alasan pemerintah untuk menghapus mapel TIK. Mapel TIK justru bisa jadi sarana untuk mengkanter pengaruh buruk kemajuan bidang IT. Peran guru TIK masih dibutuhkan untuk mengarahkan siswa belajar IT/TIK sesuai dengan tuntutan jaman dan meminimalisasi pengaruh buruk kemajuan teknologi,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 650 other followers

%d bloggers like this: