Menghadapi UN; Istighotsah, Psikoterapi dan Hipnoterapi


Khusuk dalam Doa

Hari ini, Selasa 16 Maret 2010, bertepatan dengan hari raya Nyepi, saat teman-teman kita di Bali mengadakan smadi. Hari ini juga, siswa kelas IX MTs Negeri Bobotsari Purbalingga mengikuti Istighotsah, doa bersama untuk memohon pertolongan Allah Swt agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional.

Ketika saya SD dulu, saya ingat slogan yang sering disampaikan guru “Ora et Labora”. Kata guru saya dulu artinya belajar dan berdoa, atau belajar sambil berdoa. Belajar itu usaha lahir, doa sebagai usaha batin. Kata pak Kyai yang memimpin doa tadi, belajar itu biji, doa itu pupuk dan air. Biji kalau ditanam di tempat subur secara syariat akan tumbuh dengan baik. Kecuali jika Allah menghendaki lain. Tapi secara syariat “man jadda wa jadda”, siapa yang mengupayakan sebuah jalan, maka dia akan menemukan hasilnya. Siapa yang menanam akan menuai hasilnya.

Faidzaa ázamta fatawakkal álalloh.

Psikoterapi dan Hipnoterapi

Aku bisa ! Aku bisa ! Aku bisa!.

Bangkitkan semangat Belajar

Semangat sekali anak-anak menirukan motivator dari MGMP Guru BK Kab. Purbalingga. Anak juga dibawa ke alam bawah sadar mereka untuk merangsang emosionalnya agar tetap semangat belajar dan optimis bisa, membuang energi negatif, sifat kemalasan, malas belajar belajar, malas ibadah dan menggantikannya dengan energi positif, semangat belajar, rajin ibadah, berbakti dan menghormati orang tua dan guru. Emosional mereka dibangkitkan, mereka menyesal, mereka sedih, menangis karena gagal, tapi akhirnya mereka tersenyum, semangat, karena mereka akan berhasil dan lulus dalam UN. Mereka bahagia dengan semangat yang terus menggelora menyambut UN yang akan datang. Semoga sukses.

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: