Pak Suwono; semangat dan keikhlasannya patut ditiru


Suwono (51 th) adalah sosok bersahaja di MTsN Bobotsari. Ia hanya sebagai tenaga honorer yang bekerja sejak 2004. Tugasnya membersihkan ruang kelas, mushola, menjaga kebersihan, jaga malam, memasak air minum untuk guru dan TU. Pak Wono tidak sendiri. Ia bersama tiga rekannya yang memiliki tugas yang hampir sama. Tugas khususnya adalah masak air dan jaga malam.

Pak Wono meninggalkan Jakarta, kota kelahirannya untuk menikmati kehidupan ndeso. Dia ter-PHK dari perusahaannya, dan dia memilih untuk mengikuti istrinya di desa, dan mengabdikan kehidupannya di madrasah walau dengan gaji tak seberapa. Tapi dia menikmati hidupnya.

Yang saya kagum dari sosok Pak Wono, dia memiliki kedalaman hati dan pengalaman ruhani yang jarang dialami orang pada umumnya. Bangun malam, membaca wirid, membaca dzikir, membaca manaqib nurul burhan, tadarus dll. Setiap pagi dia sempatkan untuk membaca Al-Qurán di madrasah untuk menjemput hehadiran siswa, guru dan karyawan. Suaranya tidak terlalu bagus, tapi keikhlasannya membaca Al-Qurán menyejukkan hati pendengarnya.

Pak Wono, sosok berkopyah dan berjenggot. Setiap pagi mengantarkan segelas air di mejaku, dan selalu menyapaku, “Sehat Pak?”. Alhamdulillah, jawabku sambil ku salami tangannya erat.

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

2 Responses to Pak Suwono; semangat dan keikhlasannya patut ditiru

  1. lili mengatakan:

    saya jadi penasaran pengen bertemu dengan sosok pak suwono…, orangnya pasti bersahaja, salam ya dari lili..untuk pak suwono.

    • zaenalkhayat mengatakan:

      kalau mo ketemu pak wono, ikut ibu ke sekolah, sambil nengok sekolahan ibu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: