MTs Negeri Bobotsari Gelar TRY OUT UASBN SD/MI


MTs Negeri Bobotsari menyelenggarakan Try Out SD/MI pada hari Sabtu, 3 April 2010. Try Out diikuti oleh 643 siswa dari 14 SD dan 11 MI. Try out digelar gratis dan peserta mendapatkan door prize. Ranking 1 sampai 10 mendapat hadiah khusus dari panitia, dan rangking 1 – 30 secara otomatis dapat diterima sebagai peserta didik baru di  MTsN Bobotsari dan masuk kelas khusus (unggulan).

10 Besar Try Out SD/MI adalah (1) Tata Pacu Maulidina/SDN 2 Purbalingga Lor; (2) Vera Anggun Setiawan/MIM Banjaran; (3) Afifah Noor Fadilah/SDN 2 Bobotsari; (4)Amalia Yosi Firdausa/SDN 1 Gandasuli; (5)Desvia Khotijah/SDN 2 Purbalingga Lor; (6)Amiruliza Ardana M/SDN 1 Gandasuli; (7) Muhammad Sulkhan/MI Istiqomah Sambas; (8) Asri Ainun MIM Banjaran; (9)Almir Wulandari/SDN 2 Bobotsari; (10)Lora Monika/MIM Kutasari

Try Out dimeriahkan dengan penampilan Matansa Band dan Rebana Modern MTsN Bobotsari.

Mungkin Anda bertanya, buat apa MTs mengadakan Try Out UASBN SD/MI?  Tentu ini berkaitan dengan sesuatu yang sangat strategis, dan Anda bisa menebak tujuannya. Ya, tujuannya adalah untuk lebih “mendekatkan” madrasah pada masyarakat. Apakah selama ini madrasah kurang dekat, sehingga perlu didekatkan lagi? Ya, memang sudah menjadi pandangan umum bahwa madrasah/MTs adalah second choise, pilihan kedua setelah SMP. Meskipun hal ini dibantah oleh Menag, Suryadharma Ali. Menurut beliau, madrasah tidak lagi menjadi pilihan kedua. Sudah banyak madrasah-madrasah unggulan yang menjadi primadona masyarakat.

Ada sebagian masyarakat, dan mungkin Anda belum mengenal dalamnya madrasah. Oleh karena itu, MTs Negeri Bobotsari berkepentingan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama guru-guru SD dan siswa-siswa SD yang jarang  bersinggungan dengan dunia madrasah.

Kembali ke try out SD/MI. Bahwa MTs Negeri Bobotsari sudah tiga tahun ini memang mengalami penurunan jumlah siswa. Pendaftar siswa baru mengalami penurunan hampir 50%. Ketika tahun 2005 sampai 2007 bisa mencapai 6 kelas parallel (18 kelas), sekarang hanya 3 sampai 4 kelas parallel (14 kelas). Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan penurunan jumlah pendaftar. Saya tidak menyebutkan animo masyarakat menurun, tapi kenyataannya jumlah pendaftar menurun.

Sebenarnya MTsN Bobotsari memiliki basis-basis desa yang cukup fanatik terhadap MTs, diantaranya desa Tangkisan, Banjaran, Kajongan, Limbasari, Karangmalang, Pagerandong, Cipaku, dll. Tapi sekarang banyak terjadi perubahan. Ya itu tadi, banyak faktor. Diantaranya adalah, sejak tahun 2005 Dinas Pendidikan banyak mendirikan SMP Negeri dan SMP satu atap yang kebetulan ditempatkan di basis-basis siswa MTsN Bobotsari, seperti di Tangkisan (SMPN 4 Mrebet), Limbasari (SMPN 4 Bobotsari), dan SMPN 5 Kutasari, . Saya sendiri tidak tahu alasannya, yang jelas, faktanya seperti itu. Menurut saya, ini adalah faktor utama. Dari faktor ini kemudian muncul alasan-alasan lain yang saya pikir cukup masuk akal tapi memang fragmatis. Alasannya, dengan adanya SMP yang lebih dekat, maka masyarakat akan lebih memilih yang lebih dekat, sehingga masyarakat banyak diuntungkan dari sisi transport dan uang saku anak. Ya memang sangat masuk akal.

Menyadari hal ini, MTs Negeri Bobotsari butuh kerja keras untuk meraih siswa baru. Madrasah memang punya “market” sendiri. Terutama siswa-siswa MI dan desa-desa yang basis agamanya kuat. Masalahnya adalah bagaimana menjaga pasar, menjaga masyarakat yang masih memiliki komitmen  untuk memasukkan putra putrinya ke madrasah. Salah satu upaya itu melalui penyelenggaraan Try Out UASBN SD/MI.

Sukses untuk Panitia Try Out!

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

3 Responses to MTs Negeri Bobotsari Gelar TRY OUT UASBN SD/MI

  1. fitri nur halimah mengatakan:

    wah sekrang MTs dah mju y??????/dulu sya school distu lom da club msik y….y sykur dh klo MTs dah mju.Mju trz MTs berkibarlah MTs q.

    • zaenalkhayat mengatakan:

      thanks doa & motivasinya.

  2. adi hikmawan mengatakan:

    waaah mts makin maju makin keren q iri dlu pas msh di mts komputernya ga sebagus skarang.maju n raih prestasi yang baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: