Guyonan Pak Masyhudi pada Pembukaan Diklat


Drs. H. Masyhudi, MM, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah membuka Diklat Senin, 17 Mei 2010, tepat pada pukul 20.00. Dalam sambutan pengarahannya, Kakanwil menyampaikan beberapa hal penting, diantaranya diharapkan agar peserta diklat dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, sebab diklat merupakan kesempatan yang langka untuk dapat meningkakan kompetensinya.

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan bahwa seorang PNS harus memiliki beberapa kompetensi, diantaranya Kompetensi Profesi dan Kompetensi Pribadi. Seorang pegawai atau guru, harus memiliki kompetensi (bidang keahlian) untuk dapat menunjang tugas pokoknya. Ciri suatu bidang keahlian adalah sempit tapi dalam (gerr… peserta diklatpun tertawa…). Tapi kalau sebagai seorang pemimpin harus punya dua kompetensi, yaitu kompetensi spesialis tapi juga harus bisa menjadi generalis. Kompetensi seorang guru minimal tiga digit diatas anak didiknya. Kompetensi Pribadi, artinya bahwa seorang guru harus menyadari bahda dirinya adalah guru, digugu dan ditiru, ada kode etik Korpri, ada kode etik guru, dll.

Drs. H. Masyhudi, MM. mengatakan bahwa PNS itu ibarat tanaman dalam pot. Tanaman dalam pot itu medianya terbatas, jatah pupuknya dipas, airnya dipas. Kalau PNS golongan III a ya gajinya segitu, IV a ya segitu dan seterusnya tidak boleh nambah. Tanaman di pot bisa hidup kalau disiram, tapi pertumbuhannya lambat. Kalau tanamannya ingin agak besar sedikit, maka akarnya harus dikeluarkan sedikit sehingga dapat mengambil makan dari luar. Sama seperti PNS, kalau ingin sedikit agak sejahtera ya boleh “nyambi”bisnis. Tapi tidak boleh mengutamakan bisnisnya sehingga tugas sebagai PNS terbengkalai. Sama dengan tanaman dalam pot tadi, kalau terlalu banyak akar yang keluar, lama kelamaan tanamannya tumbuh besar, sehingga potnya pecah (gerr….. riuh tawa peserta diklat).***

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: