Menyiapkan Tahun Ajaran Baru (Bagian 2)


Pada bagian 1, sudah disajikan catatan tentang pengembangan silabus. Kali ini akan disajikan catatan saya tentang penjabaran silabus dalam penyusunan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran)
Landasan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran terdapat pada: PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20 Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Prinsip-prinsip penyusunan RPP
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
5. Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
6. Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan memper-timbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengisi kolom identitas
2. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
3. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun
4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran
a. Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.
b. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar.
c. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran.
d. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
5. Mencantumkan materi pelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
6. Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
a. Konsepsi mengajar materi dalam mencapai tujuan tertentu yang berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
b. Metode dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
7. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur
Kegiatan pendahuluan/pembuka,
a. Memulai pembelajaran dengan menyapa dan memberi salam secara menyenangkan
b. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
c. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Kegiatan inti,
a. Proses Eksplorasi
• Libatkan peserta didik mencari informasi
• Gunakan beragam pendekatan, media, dan sumber belajar
• Fasilitasi à interaksi antar siswa, pendidik, lingkungan, dll
• Libatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
• Fasilitasi peserta didik àpercobaan di Lab, studio, atau lapangan
b. Proses Elaborasi
• Membaca menulis beragam à tugas2 bermakna
• Fasilitasi à pemberian tugas, diskusi à memunculkan gagasan baru (lisan/tertulis)
• Beri kesempatan: berpikir, analisis, pemecahan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
• Fasilitasi à kooperatif learning/kolaboratif
• Fasilitasi à berkompetisi secara sehat
• Fasilitasi à pembuatan laporan eksplorasi
• Fasilitasi à penyajian hasil kerja
• Fasilitasi à pameran, turnamen, festival, dll
• Fasilitasi à tumbuh kebanggaan dan rasa percaya diri
c. Proses Konfirmasi
• Umpan balik à lisan, tulisan, reward
• Konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi à melalui berbagai sumber
• Fasilitasi à refleksi
• Fasilitasi à memperoleh pengalaman bermakna: sebagai nara sumber dan fasilitator, menjawab pertanyaan, membantu penyelesaian masalah, motivasi.
Kegiatan penutup
• Bersama dengan peserta didik à buat rangkuman/simpulan
• Refleksi
• Umpan balik
• Rencana kegiatan lebih lanjut (remidi, pengayaan, penugasan, dll)
• Sampaikan Rencana Pembelajaran berikutnya.
Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
8. Menentukan media dan sumber belajar yang digunakan
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
9. Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk , dan contoh instrumen atau aspek yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

Catatan:
• RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
• Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
• Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

Dikutip dari Makalah Rr. Sri Sukarni K, M.Pd.

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

One Response to Menyiapkan Tahun Ajaran Baru (Bagian 2)

  1. sahruddin mengatakan:

    Trimkasih atas tulisannya.Bisa jadi tambahan pedoman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: