Labkom Madrasah


Rasanya bisa sedikit lega ketika harus mengajar TIK. Komputer baru, meja baru, dan tentu memacu semangat baru. Walau belum memenuhi kebutuhan seluruh siswa, tapi setidaknya kondisi Labkom sekarang sudah lumayan bagus dibanding sebelumnya. Baru 15 unit komputer. Semoga tahun depat bisa tambah lagi.

Salah satu tanggung jawab madrasah memasuki era global adalah mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam masyarakat yang sangat cepat perubahannya. Tantangan yang dihadapi para siswa kedepan salah satunya adalah kemajuan teknologi informasi dimana sekarang sudah memasuki erah serba digital. Hal ini ditandai dengan penggunaan komputer yang telah merambah di segala bidang kehidupan manusia. Karenanya dibutuhkan suatu komitmen dan tanggung jawab terhadap sistem pendidikan guna meningkatkan kemahiran komputer bagi anak didik.

Sayangnya, biaya untuk membuat laboratorium komputer (LABKOM) yang representatif dan lengkap cukup mahal serta sulit dijangkau oleh madrasah. Karenyanya pembelajaran Mata Pelajaran TIK di MTs Negeri Bobotsari sangat ditentukan pula oleh kelengkapan fasilitas laboratorium yang ada. Tentu ini juga melihat jumlah hardware dan software komputer yang memadai, kualitasnya memenuhi syarat, dan sesuai dengan tingkat kemutakhiran teknologi.

Permasalahan umum yang dihadapi maddrasah dalam mengelola Laboratorium Komputer adalah terbatasnya anggaran untuk laboratorium sehingga mengakibatkan minimnya peralatan laboratorium yang tidak sebanding dengan jumlah anak didik. Untuk itu diperlukan strategi dalam upaya menekan anggaran agar fungsi laboratorium sebagai sarana proses pembelajaran dapat berjalan seefisien mungkin sehingga anak didik merasakan manfaat laboratorium.***

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: