Yuk Nge-BLOG, -Part 2-


Bagaimana Menulis di Blog?

Problem yang biasanya muncul setelah membuat blog adalah bagaimana untuk bisa produktif posting. Banyak kiat untuk bisa produktif menulis di blog. Diantaranya:

  1. Banyak membaca tulisa orang lain. Apa yang kita baca dari tulisan orang lain, idenya kita tangkap lalu kita menulis kembali dengan bahasa dan pengalaman kita.
  2. Kalau Anda bingung, ambil buku, koran, majalah, atau apa saja yang menarik. Lalu copy paste. Tapi jangan lupa sebutkan sumbernya.
  3. Yang baik sih, Anda menulis apa saja yang ada dalam pikiran Anda. Seperti Anda membuat status di Facebook, atau seperti Anda membuat catatan harian. Walaupun hanya dua atau tiga alenia, atau kurang dari itu. Yang penting gagasan Anda tersampaikan. Tulislah seperti Anda sedang ngobrol. Tanpa beban dan enjoy aja.
  4. Jadilah diri Anda sendiri. Tapi tidak salah ketika Anda tertarik pada tulisan seseorang, lalu Anda meniru gaya bahasa tulisannya.
  5. Untuk bisa broduktif posting, Anda harus punya target, misalnya Anda  posting seminggu sekali, atau dua minggu sekali, atau minimal sebulan sekali, dll”. Bila dalam waktu yang ditargetkan Anda belum menemukan bahan yang pas. Silakan Anda coppas artikel orang lain, atau ambil buku yang menarik, lalu anda ketik dan posting ke blog Anda. Eit,…jangan lupa cantumkan sumbernya. Ini etika.

Apakah kita harus mengkhususkan isi blog kita?

Sebenarnya tidak ada aturan apakah blog itu harus satu kajian, misalnya blog kesehatan, blog olah raga, blog flora dan fauna, blog sastra, blog pendidikan dll. Tapi yang jelas, setiap orang punya spesifikasi atau konsentrasi ilmu tersendiri. Demikian juga dengan Anda.

Biasanya secara tidak langsung, pengelola blog akan cenderung pada bidang kajian tertentu. Kalau Anda memiliki background guru, kemungkinan Anda akan lebih banyak posting artikel yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Tapi ya tidak salah bila Anda posting yang lain.

Pokoknya tulis apa saja yang menurut Anda menarik dan patut untuk disajikan bagi pengunjung blog Anda. Selamat mencoba…..[]

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: