Yuk Nge-BLOG, -Part 1-


Kemarin (10-02-2012) saya kedatangan teman-teman guru madrasah. Katanya kepingin belajar membuat blog. Tentu ini hal yang menggembirakan buat saya. Ternyata ada beberapa teman guru madrasah yang mulai tertarik pada blog. Memang seharusnya begitu. Guru harus mulai Go Blog, bukan goblok lho….

Apa itu Blog?

Blog berasal dari kata “Web dan Log”  (Weblog). Singkatnya, blog adalah catatan online yang berada di web. Catatan bisa apa saja. Bisa berupa catatan pengalaman pribadi, catatan harian, artikel, puisi, atau apa saja dari hal-hal yang ringan sampai yang berat-berat, seperti karya ilmiah dll. Nah, Kegiatan menuliskan sebuah informasi, data, atau  karya tulis lain di blog ini biasanya disebut dengan istilah posting.

Prinsip Dasar Blog

Sebelum membuat blog, kita harus memahami dulu prinsip dasar bekerja dengan weblog. Weblog atau kita sebut blog saja, itu memiliki dua halaman, yaitu halaman dasbor dan halaman tampilan. Halaman dasbor itu ibarat dapurnya.

Untuk bisa memposting suatu informasi kita harus melalui dasbor dulu. Bahan posting kita olah di dasbor, sebagai dapurnya. Kita bisa mengetik langsung di halaman posting. Bisa juga coppas dokumen teks yang sudah kita persiapkan di komputer sebelumnya. Bila sudah yakin data yang akan kita posting sudah sempurna, baru kita publish/terbitkan ke halaman tampilan utamanya, yaitu halaman yang akan tampil bila kita membuka blog.

Jadi yang tahu  rahasia dapur adalah admin/blogger, yaitu pemilik blog. Pembaca tidak akan bisa melihat bagaimana admin mengolah informasi sebelumnya.

Bagaimana membuat Blog?

Membuat blog itu gampang dan gratis. Ada beberapa penyedia blog gratis seperti WordPress dan Blogspot. Banyak juga panduan membuat blog baik berupa situs atau buku-buku yang beredar di pasaran.

Yang jelas untuk membuat blog, Anda harus:

  1. Punya e-mail, bisa Gmail atau Yahoo. Terserah Anda. Membuat Gmail: https://gmail.com  atau Yahoo: https://mail.yahoo.com
  1. Mendaftar melalui penyedia blog “gratis”, seperti: http://wordpress.com  atau http://blogger.com, atau yang lainnya.
  2. Selanjutnya tinggal mengikuti Form yang diminta oleh penyedia blog.
  3. Saat mengisi form, hal yang harus anda ingat adalah alamat blog, nama user dan passwordnya.
  4. Tentunya Anda harus banyak mencoba.

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: