Perbedaan Kaldik di Purbalingga


Tidak seperti biasanya, tahun pelajaran 2012/2013 kali ada sedikit perbedaan antara Kaldik Kemenag dengan Dinas Pendidikan Kab. Purbalingga. Perbedaan itu ada pada tanggal liburan akhir tahun dan masuk hari pertama.

Pada Kaldik Kementerian Agama, libur akhir tahun pada tanggal 24 Juni dan masuk hari pertama tanggal 16 Juli 2012. Sedangkan Diknas Purbalingga, libur akhir tahun 17 Juni dan masuk hari pertama tanggal 9 Juli 2012. Pergeseran 1 minggu ini cukup membuat banyak pertanyaan terutama dari orang tua yang tahun ini memasukkan putra-putrinya ke sekolah baru. Mereka  menanyakan hal tersebut setelah menyadari ternyata ada perbedaan masuk hari pertama antara SD/SMP/SMA dengan MI/MTs/MA.

Perbedaan ini mungkin –sekali lagi– mungkin karena berbagai pertimbangan  berkaitan  dengan datangnya bulan Ramadhan 1433H yang jatuh pada minggu ketiga bulan Juli 2012. Yang masuk tanggal 9 Juli, berarti punya waktu lebih lama untuk menata berbagai hal sebelum libur awal puasa. Sedangkan yang masuk tanggal 16 Juli, ya sama saja….liburannya digunakan untuk persiapan masuk tahun ajaran baru, karena sebentar lagi puasa. Jadi sama saja, sebab yang libur hanya siswa. Guru dan karyawan tidak ada liburnya mengurusi pendaftaran siswa baru dan membuat rencana pembelajaran 1 tahun ke depan.

Untuk masyarakat, terutama orang tua (wali murid) tidak perlu risau apalagi galau… dan sepertinya tidak ada masalah dengan perbedaan kaldik ini. Sukses untuk kita semua.[]***

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 660 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: