Seperti Apa Guru Profesional?


Pada awalnya, konsep profesi guru adalah kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Kini konsep itu telah bergeser, sesuai dengan perubahan dalam masyarakat dan terkait dengan perkembangan yang cukup pesat di bidang pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang informasi dan komunikasi, yang kemudian mendorong pengembangan media belajar dan teknologi dalam pendidikan.

Dalam masyarakat tradisional guru dianggap profesional jika anak sudah dapat membaca, menulis dan berhitung, atau anak mendapat nilai tinggi, naik kelas atau lulus ujian. Akan tetapi, di masyarakat modern hal-hal seperti itu tidak cukup untuk menggambarkan guru profesional. Bagi masyarakat modern, kompetensi guru tidak hanya dilihat dari keahlian dan keterampilannya, akan tetapi juga sikap dan orientasi guru terhadap perubahan dan inovasi.

Berarti tuntutan masyarakat terhadap kompetensi guru yang terus berkembang tetap tidak berubah. Kompetensi adalah pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan yang dituntut oleh jabatan seseorang. Seorang guru secara mutlak harus memiliki dasar-dasar kompetensi sebagai wewenang dan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai pendidik, yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan.

Dalam hal inilah guru perlu mengetahui dan memahami kompetensi guru dengan segala seluk beluknya. Kompetensi guru yang dikatakan sebagai modal dalam pengelolaan pendidikan dan pengajaran banyak macamnya. Secara garis besar dapat di lihat dari dua segi yaitu dari segi kompetensi pribadi dan dari kompetensi profesional. Macam-macam kompetensi tersebut ialah:

1. Mengembangkan kepribadian
2. Berinteraksi dan berkomunikasi
3. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan
4. Melaksanakan administrasi sekolah
5. Melaksanakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran
6. Menguasai landasan kependidikan
7. Menguasai bahan pengajaran
8. Menyusun program pengajaran
9. Melaksanakan program pengajaran
10. Menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan

Guru yang memahami dan menguasai kompetensinya akan lebih mudah untuk bersikap profesional. Kemampuan profesional meliputi kemampuan intelegensi, sikap dan prestasi kerjanya. Upaya profesional seorang guru adalah upaya seorang guru untuk mentransformasikan kemampuan profesional yang dimilikinya ke dalam tindakan mendidik dan mengajar secara nyata.

Sehingga di dalam masyarakat terdapat pendapat bahwa guru yang profesional adalah guru yang bermutu, yaitu mereka yang dapat membelajarkan siswa secara tuntas, benar dan berhasil. Untuk itu guru harus menguasai keahliannya, baik dalam disiplin ilmu pengetahuan maupun metodologi mengajarnya.

4 standar kompetensi guru, yaitu:
A. Kompetensi Pedagogik

  1. Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
  2. Pemahaman terhadap peserta didik
  3. Pengembangan kurikulum/silabus
  4. Perancangan pembdajaran
  5. Pelaksanaan pembelajarari yang mendidik dan dialogis
  6. Pemanfaatan teknologi pembelajaran
  7. Evaluasi hasil belajar
  8. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

B. Kompetensi Kepribadian

  1. Mantap
  2. Berakhlak mulia
  3. Arif dan bijaksana
  4. Berwibawa
  5. Stabil
  6. Dewasa
  7. Jujur
  8. Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  9. Secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri
  10. Mengembangkan din secara mandiri dan berkelanjutan

C. Kompetensi Sosial

  1. Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat
  2. Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
  3. Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, enaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan. orang tualwali peserta didik
  4. Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku.
  5. Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan

D. Kompetensi Profesional
Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content knowledge)’ penguasaan:

  1. Materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran. atau kelompok mata pelajaran yang diampu.
  2. Konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan. yang secara konsep menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata petajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu.

http://sdnkeputran2.sch.id/news82_guru_profesional_seperti_apa.html

http://www.smpnu2dukuhturi.com/2011/12/guru-profesional-itu-seperti-apa-sih.html

 

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: