KTSP Madrasah Berbasis Karakter


Pengertian Karakter dan Tujuan
Karakter adalah “bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak”. Adapun berkarakter adalah berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak”.
Pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru (madrasah), yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik.

Tujuan penerapan KTSP berbasis karakter adalah pembentukan budaya madrasah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga madrasah, dan masyarakat sekitar madrasah.

Kriteria ketercapaiannya adalah terbentuknya budaya madrasah, yaitu perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga madrasah dan masyarakat sekitar madrasah harus berlandaskan nilai-nilai tersebut.

18 Nilai Karakter yang diimplementasikan

Langkah-langkah dalam menentukan karakter yang akan diterapkan di madrasah adalah sbb:

Strategi mengimplementasikan nilai karakter dalam KTSP

Rumusan komponen-komponen KTSP  yang diinternalisasi nilai karakter

Indikator Visi

Misi Berbasis Karakter

Contoh kita menentukan sebuah Visi: TERWUJUDNYA INSAN RELIGIUS, JUJUR, DISIPLIN,  CERDAS, dan PEDULI, maka Misinya adalah:

  1. Menumbuhkan penghayatan siswa terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam berpikir dan bertindak yang religius, jujur, disiplin, cerdas, dan peduli lingkungan dan sosial.
  2. Melaksanakan pembelajaran profesional dan bermakna yang menumbuhkan dan mengembangkan siswa bernilai UN di atas rata-rata dengan landasan religius, jujur, disiplin, cerdas, dan peduli lingkungan dan sosial.
  3. Melaksanakan program bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki agar menjadi insan yang religius, jujur, disiplin, cerdas, dan peduli lingkungan dan sosial.
  4. Menumbuhkan dan mengembangkan pembiasaan religius, jujur, disiplin, cerdas, dan peduli lingkungan dan sosial di lingkungan madrasah.
  5. Melaksanakan pengelolaan madrasah dengan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok kepentingan dengan landasan nilai religius, jujur, disiplin, cerdas, dan peduli lingkungan dan sosial di lingkungan madrasah.
  6. Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler  secara efektif sesuai bakat dan minat sehingga setiap siswa memiliki keunggulan dalam berbagai lomba keagamaan, unggul dalam berbagai lomba olah raga, dan seni dengan landasan nilai religiusn jujur, dsiplin, dan peduli lingkungan dan sosial.

Tujuan Berbasis Karakter

Dari misi di atas dapat dirumuskan tujuannya sbb (misal):

  1. Pada tahun ajaran 2012/2013 rata-rata UN mencapai nilai minimal 7,5 yang diperoleh dengan cara jujur dan disiplin.
  2. Pada tahun ajaran 2012/2013 proporsi lulusan yang melanjutkan ke sekolah/madrasah unggul minimal 50% yang diperoleh secara jujur.
  3. Pada tahun ajaran 2012/2013 memiliki kelompok KIR dan mampu menjadi finalis LKIR tingkat propinsi  yang dilakukan secara jujur dan disiplin.
  4. 4.Pada tahun ajaran 2012/2013 memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat propinsi yang dilandasi nilai religius, jujur, disiplin, dan peduli lingkungan dan sosial .
  5. Pada tahun 2012/2013 memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota yang dilandasi nilai religius.
  6. Pada tahun 2012/2013 siswa telah memiliki kebiasaan salah dhuha dan dhuhur berjamaah.
  7. Pada tahun 2012/2013 kedisplinan datang ke sekolah 99% tidak ada yang terlambat.
  8. Pada tahun 2012/2013 kegiatan pembelajaran 99% tepat waktu.
  9. dll.[]****

Sumber: Presentasi KTSP Berbasis Karakter 2011 Kemenag. Bisa Download DI SINI.

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: