Penambahan Jam Mapel Agama di Kurikulum 2013


SEMARANG, suaramerdeka.com – Setiap mata pelajaran (mapel) dalam perubahan kurikulum baru 2013 harus mempunyai kontribusi dalam pembentukan sikap, keterampilan, dan nilai. Maka itu, pada kurikulum baru mendatang khususnya mapel Agama dan Budi Pekerti jamnya akan ditambah dari dua menjadi empat jam per minggu.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Mohammad Nuh dalam Sosialisasi Kurikulum 2013 kepada para guru di kampus IKIP PGRI Semarang, Sabtu (23/2).

Dia mengatakan, elemen perubahan pada kurikulum 2013 ini meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan penilaian. Hal itu perlu dibenahi tanpa perlu membuang kurikulum sebelumnya seperti KBK dan KTSP.

“Ada empat hal yang akan dikembangkan pada kurikulum baru 2013 ini, di antaranya penataan pola pikir dan tata kelola, pendalaman dan penguasaan materi, penguatan proses, dan penyesuaian beban,” ungkapnya.

Komponen itu, lanjut dia, perlu dikembangkan karena peserta didik kedepannya akan menghadapi tantangan dan persoalan. Misalnya saja persoalan perkelahian pelajar yang mulai merebak sekarang ini. Maka itu, perlunya pengembangan kurikulum, dimana akan dirancang setiap mapel harus mempunyai peran untuk membentuk sikap, keterampilan, dan nilai.

Kondisi tersebut diimplementasikan salah satunya pada mapel Agama dan Budi Pekerti yang jam atau lama pembelajarannya akan ditambah. Saat ini mapel Agama di sekolah durasinya hanya dua jam per minggu, namun pada perubahan kurikulum baru 2013 ini menjadi empat jam.

Nuh mengatakan, tidak hanya jam mapel Agama saja yang ditambah. Untuk membenahi pola atau alur pikir peserta didik, seluruh mapel muatan lokal termasuk bahasa daerah akan tetap diadakan. Adapun untuk ekstrakurikuler, Pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti siswa. “Dengan begitu diharapkan sekolah harus memperhitungkan pembinaan ekstrakurikuler tersebut kepada siswa,” tandasnya.

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

One Response to Penambahan Jam Mapel Agama di Kurikulum 2013

  1. ahmadarifi mengatakan:

    Reblogged this on sabiqal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: