Dampak Positif Penggunaan Internet


Internet SehatTulisan ini berawal dari tugas browsing yang saya berikan ke siswa. Yaitu untuk mencari informasi “dampak positif dan dampak negatif penggunaan internet”. Hasilnya sangat beragam, dan ini membuat siswa bingung.

Ya, kalau kita browsing materi ini, tersaji ribuan judul yang serupa, tapi penyajiannya kadang kabur antara menjelaskan “fungsi” dan “dampak positif”. Memang ada kaitannya, hanya bagaimana membahasakannya. Dan ini membuat siswa bingung memahaminya.

Ada yang menuliskan misalnya, dampak positif dari penggunaan internet adalah 1. Internet sebagai media komunikasi, 2. Internet sebagai media pertukaran data, 3. Internet sebagai media pendidikan, dll. Menurut saya, ini adalah “fungi internet”, bukan “dampak positif”. Oleh karena itu harus dibedakan antara fungsi dan dampak. Atau mungkin bahasanya yang harus diubah. Misalnya, dampak positif penggunaan internet adalah 1. Memudahkan dalam akses informasi, 2. Memudahkan dalam pertukaran data, 3. Memudahkan proses pembelajaran (pembelajaran jarak jauh), dll.

Dari kekaburan di atas, saya ingin menyajikan hal yang saya pahami dari berbagai sumber.

DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN INTERNET

  • Memudahkan dalam mengakses informasi

Internet adalah perpustakaan terbesar dimana semua informasi dapat diakses diinternet.

  • Memudahkan dalam proses pertukaran data

Dengan menggunakan email, dan fasilitias FTP (download, upload), sesame pengguna internet dapat saling bertukar data yang dibutuhkan

  • Meningkatkan budaya baca sehingga menjadikan kita berwawasan luas

Penyajian informasi di internet biasanya dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami dan dengan tampilan yang menarik. Oleh karena itu dapat meningkatkan budaya baca. Disamping itu data yang begitu banyak dan lengkap menjadikan pembaca memiliki wawasan yang sangat luas.

  • Menjadikan orang untuk belajar berpikir terbuka, menghargai orang lain, dan mengendalikan diri

Di dunia maya, kebebasan berekspresi benar-benar digunakan oleh para pengguna internet. Semua orang diberi kebebasan yang sama. Tidak semua orang bisa sependapat. Pemikiran akan terbuka, bebas. Oleh karena itu harus ada saling menghargai, dan mengendalikan emosi. Membiarkan orang lain berpendapat sesuai yang apa yang mereka yakini akan membantu anda untuk lebih menghargai pendapat orang lain. Apalagi bila kita bergabung di jejaring social, dimana ekspresi dan emosi

  • Meningkatkan kegemaran menulis

Internet menawarkan beragam kesempatan bagi para pengguna, terutama pelajar untuk meningkatkan kegemaran menulisnya. Mereka dapat menulis di berbagai forum, blog pribadi, maupun kolom-kolom komentar dengan gaya penulisan serta pilihan kata masing-masing.

  •  Meningkatkan penguasaan teknologi

Melalui internet, pengguna akan dihadapkan pada kebiasaan mengakses dan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, khususnya komputer, baik dari segi pemanfaatan, perawatan, atau bahkan perbaikan. Hal ini secara tidak langsung akan menambah ilmu-ilmu praktis bagi mereka.

  •  Menumbuhkan kreativitas

Dengan internet, pengguna akan banyak menemukan ide-ide cemerlang yang dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan nyata. Beragam jenis tutorial dan cara-cara praktis seputar kehidupan disuguhkan dengan bahasa yang mudah dipahami.

  •  Memudahkan dalam proses komunikasi

Komunikasi memalui internet sangat beragam jenisnya, bisa via email, VoIP, teleconference, via jejaring social dll.

  • Mempermudah urusan bisnis

Banyak orang yang sukses menjalankan bisnisnya melalui internet. Bahkan tanpa modal, orang bisa mendapatkan uang. Bisnis secara online baik produk maupun jasa, iklan dan aplikasi lain yang mendatangkan keuntungan.

  • Komunikasi menjadi lebih murah dan efisien

Dengan pemanfaatan internet, biaya komunikasi, transfer uang akan lebih murah dan efisien, bila dibanding dengan jasa pos dan wesel sebagaimana tahun-tahun dahulu.

  • Memudahkan berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain

Munculnya berbagai macam jejaring social, orang akan lebih mudah berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang yang sudah kenal, sahabat lama, bahkan dengan orang dari berbagai belahan dunia. Yang penting kita mau dan mampu menjalin interaksi itu.

  • Memudahkan dalam dalam hal yang darurat

Hal darurat misalnya ketika kita tidak tahu dimana lokasi kita, maka kita bisa membuka Google Map melalui ponsel, tablet dll. Atau bila kita menyimpan data di internet (data email, file di Google Drive, 4shared dll), dalam kondisi darurat kita dapat memanfaatkannya. Melalui Google kita dapat menemukan alamat, nomor telepon, foto dll. Atau kita dapat melakukan transaksi melalui internet banking bila kita berada di daerah jauh dari fasilitas ATM atau bank.[]***

Perihal zaenalkhayat
seorang guru di madrasah tsanawiyah

2 Responses to Dampak Positif Penggunaan Internet

  1. Ping-balik: Catatan Kecil Guru Madrasah

  2. Ping-balik: Dampak Positif Penggunaan Internet | MEtamorfosis SIA201108

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: