Membuat Turus dengan Excel


turusLiburan kemarin anakku minta dikerjain PR, membuat table frekuensi kemudian membuat grafiknya (chart).

Kalau membuat Chart dengan Excell itu biasa dan mudah, tapi ada satu hal yang bikin bingung, Bagaimana membuat turus dengan Excel. Bahkan istilah “turus” juga kayaknya baru dengar.

Mungkin diantara pembaca juga asing dengan istilah tersebut. Turus atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Tally Mark adalah istilah untuk menggambarkan angka berupa simbol tertentu dengan tujuan untuk mempermudah pembacaan angka tersebut, terutama angka yang berjumlah cukup banyak. Simbol yang digunakan umumnya berupa garis-garis vertikal dimana setiap kelipatan lima menggunakan garis horisontal atau diagonal. Oleh karena itulah dalam bahasa Indonesia simbol ini disebut dengan turus yang berarti tiang. Contoh turus ini dapat dilihat sebagai berikut:

IIII  IIII  II = 12

IIII  III = 8

Mengetikkan turus dengan Word seperti di atas dapat dilakukan dengan huruf  i (kapital) kemudian di-strikethrough pada Font Effect.

Bagaimana membuat turus secara otomatis pada Excel? Dari berbagai sumber, akhirnya ketemu juga. Triknya mudah. Misalnya seperti table berikut:

frekUntuk membuat turus dapat dilakukan dengan cara ketik  =REPT(“I”,C7)

C7 adalah nama sel pada kolom Frekuensi. Dilakukan dengan cara klik pada sel C7.

Untuk baris di bawahnya cukup dengan cara meng-copy sel di atasnya (drag copy).

Begini:

frek2

Hasilnya begini:

frek3

Kelemahannya, di excel tidak bisa membuat turus “lima-lima”. Atau mungkin pembaca ada yang bisa? bisa share di sini.

Selamat mencoba….

 

Satu pemikiran pada “Membuat Turus dengan Excel

Tinggalkan komentar