NILAI-NIAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN FIKIH (Analisis Materi Ajar Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah)


ketupat-2011Catatan ini sekedar mengingatkan kembali kalo saya punya blog yg sudah lama ga diurus…hehe… Pingin memulai kembali mengisi waktu agar lebih bermakna.
Saya mulai dari sini tentang Pendidikan Multikultural. Ini juga catatan sdh lama, sekitar 2017an. Ga papalah untuk memulai kembali ke gelanggang..

A. LATAR BELAKANG
Kajian tentang nilai-nilai multikultural dalam mata pelajaran fikih di madrasah, tentu akan menjadi sangat menarik karena Fikih sebagai sebuah pemahaman, telah menjadi perdebatan yang tidak pernah habis sepanjang sejarah Islam. Fikih dianggap belum tuntas dalam menjawab problem pluralitas internal umat Islam. Salah satu isu multikultural yang dekat dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Islam dewasa ini adalah keragaman dalam pemahaman persoalan-persoalan fikih, terutama berkatian dengan masalah khilafiyah dan budaya dalam konteks ritual keagamaan.

Dalam konteks pendidikan multikultural, sisi penting di madrasah adalah bahwa peserta didik kita merupakan representasi dari keragaman masyarakat dengan berbagai karakteristiknya. Keluarga dan lingkungan telah memberi pengaruh yang besar atas pemahaman keagamaan peserta didik. Artinya keragaman pemahaman keagamaan yang ada dan berkembang di masyarakat akan terwakilkan ketika guru berhadapan dengan peserta didik di kelas. Sehingga anak didik juga memiliki militansi dan fanatisme pemahaman keagamaan yang ia bawa dari keluarga dan lingkungannya.

Bagi peserta didik yang tidak memiliki pengalaman pemahaman keagamaan, tentu tidak luput dari persoalan tersebut. Langsung atau tidak langsung mereka dapat melihat, mengamati, memperhatikan apa yang tersaji di masyarakat. Ada masyarakat yang senang membaca shalawat, tapi di sisi lain ada kelompok orang yang membid’ahkan shalawatan dengan berbagai variasinya. Ada masyarakat yang merayakan 4 bulanan, 7 bulanan, tapi ada sebagian masyarakat yang melarang ritual tersebut dengan dalih agama. Melihat fenomena ini, peserta didik bisa saja mengalami kebingungan. Untuk itu perlu ada pemahaman dalam perspektif yang benar. Peserta didik di madrasah perlu diberikan pemahaman tentang berbagai perbedaan pendapat serta perlunya sikap toleransi dalam perbedaan itu.

Sebagai sebuah konsep dan aksi sekaligus, apakah nilai-nilai multikultural dan pluralisme Islam telah terakomodir dalam buku ajar siswa di madrasah? Untuk itu perlu kajian lebih mendalam tetang implementasi nilai-nilai multikultural internal umat Islam dalam materi ajar buku Fikih di madrasah tsanawiyah. Mulai dari bab thaharah, salat, makanan halal, puasa, haji dan lain-lain, yang kesemuanya memiliki peluang untuk berbeda pendapat.

Relevansi masalah di atas dengan penelitian ini adalah perlunya upaya mencari wacana pendidikan multikultural internal umat Islam terutama dalam persoalan-persoalan fikih. Sehingga penulis memandang sangat urgen dan relevan untuk mengkaji dan melakukan sebuah penelitian atas permasalahan tersebut, dengan judul “Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Mata Pelajaran Fikih (Analisis Materi Ajar Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah”.

Dari latar belakang di atas, agar pembahasan lebih fokus, maka penulis akan membuat rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Sejauh mana implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural internal umat islam dalam materi buku ajar siswa Mata Pelajaran Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah
  2. Bagaimana model-model penyajian muatan nilai-nilai pendidikan multikultural internal umat Islam dalam materi buku ajar siswa Mata Pelajaran Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah?

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk:

  1. Mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural internal umat Islam dalam materi buku ajar siswa Mata Pelajaran Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah
  2. Mengetahui model-model penyajian materi yang memuat nilai-nilai pendidikan multikultural internal Islam dalam materi buku ajar siswa Mata Pelajaran Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah.

Selanjutnya BACA

Satu pemikiran pada “NILAI-NIAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN FIKIH (Analisis Materi Ajar Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah)

Tinggalkan komentar